F.A.Q



PANDUAN ERROR & GARANSI

website-vimebox-cek-kualitas


Seperti yang agan lihat diatas, proses quality control pesanan dilakukan dengan sangat ketat. Proses burn dilakukan pada komputer ke-1 dengan speed 4x lalu dites instalasinya pada komputer ke-2. Prosedur tersebut dilakukan untuk menjamin kualitas burn, mencegah error dan hasil yg maksimal.

 

Berikut ini adalah beberapa poin / kasus yang seringkali salah diasumsikan sebagai error:
 



 A. Setelah instalasi game tidak bisa play

 

Kemungkinannya yaitu sbb: 
1. Spesifikasi komputer baik dari hardware atau OSnya tidak mencukupi atau memenuhi kebutuhan game tersebut. Selain itu pada beberapa game ada yang mensyaratkan menggunakan hardware khusus seperti tipe / seri vga dan OS tertentu, misal game tersebut hanya mensupport vga seri nvidia GTX 650, 660Ti dgn OS Windows 7 64bit tapi tidak mensupport vga seri ati radeon HD 7850, 7870 dgn OS windows 8 32bit dst. Terlepas dari seberapa tingginya spek PC yang agan miliki, VGA dan OS yang tidak cocok atau tidak kuat akan menyebabkan layar blank atau terlempar ke desktop pada saat akan memulai gamenya.
Solusinya: Untuk mencek spesifikasi game bisa dilihat di http://cyri.systemrequirementslab.com/srtest/ atau di http://www.game-debate.com/games/ atau bisa juga dengan googling menggunakan keyword “<nama gamenya> pc requirement”.
 
2. Lupa mengcopy kracknya pada lokasi yang benar atau salah cara instalasinya.
  Solusinya: Ikuti panduan instalasi yang sudah disediakan didalam dvd. Perhatikan baik-baik setiap langkahnya dan jangan sampai ada yang terlewat. Jika game masih belum jalan, itu biasanya disebabkan adanya beberapa faktor mendasar yang terlewatkan. Maka dari itu sebaiknya sebelumnya agan bisa cek terlebih dahulu panduan dasar instalasi game pc yang ada disini => Panduan Instalasi Game dan di Blog Tutorial
 
3. Masih terkoneksinya internet, antivirus dan firewall saat instalasi akan menyebabkan krack tidak dapat dicopy, terhapus atau game menjadi terdetect serialnya sehingga tidak dapat dimainkan.
Solusinya: Matikan antivirus, firewall dan internet sementara sebelum instalasi dan sampai game dimulai. Pada beberapa kasus seringkali antivirus harus di uninstal terlebih dahulu lalu di restart PC-nya.
 
4. Karena kompleksnya variasi hardware dan OS pada PC, tidak seperti console yang hanya 1 tipe, terkadang game membutuhkan patch khusus / update / krack terbaru untuk bisa berjalan lancar pada PC atau Laptop dengan spesifikasi tertentu. 
  Solusinya: Untuk patch terbaru agan bisa download diofficial websitenya masing2 game atau bisa juga googling dengan keyword “<nama gamenya> Patch” biasanya patch yang disediakan gratis dan ukurannya kecil. Untuk krack terbaru bisa dicek disini => http://www.gamecopyworld.com/ atau bisa juga request di thread ini => disini
     
5. Ketidaklengkapan driver pendukung game seperti direct x, physx, visual c++, vcredist, update driver vga terbaru dll bisa menyebabkan game menjadi error, blank, hang atau tidak jalan sama sekali. Versi driver-driver tersebut berbeda-beda untuk setiap game.
  Solusinya: Untuk kelengkapan driver pendukung game bisa coba cek disini => List Download Driver & Krack atau bisa googling dengan keyword “<nama drivernya> latest update”.
     
 6.  Pada game-game tertentu, umumnya yang keluaran dibawah tahun 2011 kadang game tidak bisa diplay karena system gamenya yang dirancang untuk OS sebelum Windows 7.
Solusinya: Matikan fitur UAC dengan cara berikut => klik disini dan rubah kompatibilitas file .exe gamenya. caranya klik => disini. Jika masih tidak bisa, maka cara terakhir yaitu dgn menggunakan sistem dualboot OS. Tutorialnya bisa coba googling dengan keyword "cara dualboot windows"
 
7. Beberapa game terbaru ada yang memerlukan account offline windows live dan steam offline untuk bisa play dan save. Selain itu installernya ada yg membutuhkan codec video terbaru utk bisa berjalan sempurna.
  Solusinya: Ikuti petunjuk instalasi windows live dan steam offline yg ada disini > Blog Tutorial. Untuk installer codec video bisa didownload =>  di http://www.free-codecs.com
     
8. Adanya jenis software-software yang pernah diinstal sebelumnya pada PC yang menyebabkan driver software tersebut crash dengan driver game. Misalnya:
  Salah satu driver adobe encore yg crash dengan setup game buatan reloaded
  Virtual drive (daemon, power iso dll) crash dgn kracknya FightClub
  Software steam crash dengan krack game buatan skidrow
  Beberapa jenis antivirus seperti AVG, Avira yang terlalu selektif sehingga memakan file krack yang ada pada game
  Driver Physx bawaan game lain bisa membuat crash driver physx game baru yang akan diinstal
  Quicktime dan Flash Player seri tertentu bisa menyebabkan game hang dan mental ke desktop saat diplay
  Viruspun bisa menyebabkan beberapa fitur pendukung game seperti direct x dan phsyx menjadi malfungsi
   Dan masih banyak lagi kemungkinan lainnya yang disebabkan crash antar driver software.
Solusinya: Untuk crash oleh faktor software ini adalah yang paling sulit untuk dicari penyebabnya karena kemungkinannya bisa sangat banyak. Faktor x inilah yang sering membingungkan user dengan spek komputer yang tinggi tapi tidak bisa memainkan game yang sudah mencukupi speknya. Maka cara satu-satunya adalah agan coba di minimal 2 komputer lain, instal ulang windows atau masuk ke thread berikut => http://kask.us/gVLFs atau di http://www.kaskus.co.id/forum/528/pc-games
Pada thread tersebut agan bisa berkonsultasi dengan para pakar dan gamer lainya yang memiliki troubleshoot yang sama untuk mencari solusinya. Karena tidak menutup kemungkinan ada beberapa user dan gamer yang pernah mengalami hal serupa dan telah  menemukan penyebab spesifik atau software background apa saja yg drivernya crash dengan game tersebut. Untuk solusi tambahan lainya bisa coba menggunakan search engine google dengan keyword “<nama gamenya> & troubleshootnya”. Untuk menangkal virus yang bisa merusak software pendukung game, biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda secara berkala.

 

 

 B. Data tidak bisa copy ke hardisk / corrupt


 Kemungkinannya yaitu sbb:
1. Merk Dvd-rom tertentu seperti LG, Samsung atau Dvd-rom pada laptop sangat selektif dalam membaca dvd merk tertentu sehingga sering terbaca blank/error.

 Solusinya:
-  Gunakan software DVD Copy Tools untuk membantu proses copy datanya > DVD Tools

-  Coba jalankan pada Dvd-rom selain merk LG, Samsung dan dvd-rom laptop. Berikut adalah info kompatibilitas Dvd-rom:

 
Maxell, Dvd-rom support: Lite-on, pioneer, sony (medium quality)

  Ritek, Dvd-rom support: Lite-on, pioneer, sony, asus, samsung (high quality)

  Verbatim/Sony, Dvd-rom support: Semua tipe (best quality)
Sangat dianjurkan untuk menggunakan media DVD verbatim atau sony untuk kualitas transfer data yg maksimal. Untuk mengetahui info selengkapnya mengenai kondisi dvd rom yg sudah lemah bisa dicek di => http://kask.us/g41nE
2.
Dvd-rom yang usianya sudah lama dengan optic yang lemah bisa menyebakan terputusnya proses instalasi atau corrupt

Solusinya: Copykan seluruh isi dvd ke hardisk lalu jalankan instalasi dari hardisk. Jika setelah menggunakan minimal 2 merk dvd-rom lain yang kompatibel instalasi masih corrupt maka agan kirim screenshotnya seperti pada gambar dibawah.
Caranya adalah dengan menekan tombol “PrintScreen” pada keyboard lalu buka aplikasi Microsoft Paint dan tekan Ctrl+V lalu save.
   
Contoh Screenshot:
screenshotvimebox2
Untuk prosedur garansi selanjutnya isi selengkap-lengkapnya format dibawah ini (contoh):
- Nama Pemesan : Rudi Lesmana
- No HP : 0857547863xxx
- Tanggal Pemesanan : 02-03-2014
- Spek Hardware : AMD Vishera FX-6350 3.9 Ghz, VGA GeForce GTX 660 Ti 2GB, Ram 8GB
-
Tipe OS / Windows : Windows 7 Ultimate SP1 x64 (64bit)
- Detail Error : Dvd 3 berhenti waktu proses instalasi atau tidak bisa dicopy ke Harddisk.

Kirimkan form info diatas beserta screenshot errornya ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Pastikan sebelum mengklaim garansi, DVD sudah dites menggunakan 2 DVD-Rom merk lain yg kompatibel. Email akan di reply oleh bagian teknis max 1x24 jam. Data diatas berfungsi untuk memverifikasi pesanan khusus pelanggan vimebox dan juga untuk mempermudah teknisi kami dalam mencari solusinya. Mohon maaf jika data & screenshot tidak lengkap maka prosedur diatas tidak akan direspon.

Garansi hanya berlaku untuk DVD yg gagal/berhenti saat proses instalasi saja atau tidak bisa dicopy dari DVD ke Harddisk. Jika isi DVD berhasil dicopy ke Harddisk berarti tidak ada masalah dengan DVD-nya atau gamenya itu sendiri, seperti yg sudah dijelaskan pada point A diatas. Garansi dikirim pada next order selama masa berlakunya belum habis atau dengan mengganti ongkirnya bila ingin cepat. Game diganti dengan judul dan disk yang sama.
 
Demikian keterangan diatas ane buat sebagai panduan bagi buyer dan juga untuk menjelaskan pertanyaan2 seputar error yang umumnya diajukan selama ini, sehingga tidak terjadi miskomunikasi antara error dan garansi. Selain itu juga untuk membantu ane sebagai seller untuk mengefisienkan waktu, dikarenakan masih sangat terbatasnya SDM yang ada untuk proses produksi dan konsultasi. Ane harap agan-agan bisa memakluminya. Terimakasih atas perhatiannya.
Salam Gamer,
 
Vimebox PC Game